10 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020



Gak terasa ya tahun 2019 sudah berganti dan sekarang kita sudah ada di awal tahun 2020. Nah, perlu kamu tahu nih bahwa tiap kampus atau universitas di dunia memiliki peringkat yang bisa berubah di tiap tahunnya. Salah satu lembaga yang paling sering dirujuk dan dipercaya untuk melakukan pemeringkatan universitas di dunia adalah Quacquarelli Symonds (QS), yang biasa membuat publikasi tahunan bernama QS World University Ranking. Jika kamu ingin tahu peringkat kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020 (versi QS Asia University Ranking), yuk pantengin postingan ini.

10)       Universitas Brawijaya (UB)
Universitas Brawjiaya (ub.ac.id)
Seperti tahun sebelumnya, peringkat ke-10 masih ditempati oleh PTN dari Kota Malang, yaitu Universitas Brawijaya atau biasa disingkat Unibraw, atau UB. Oh iya, Universitas yang satu ini menjadi pilihan favorit bagi peserta SBMPTN atau SNMPTN dari beberapa tahun terakhir. UB berhasil menggeser dominasi PTN-PTN mainstream seperti ITB, UI, UGM yang biasa menjadi tujuan favorit calon mahasiswa. Meskipun pusatnya di Malang, UB punya beberapa kampus “cabang” di Kediri, Kasembon, Probolinggo, dan Jakarta loh. UB memiliki sejumlah alumni ternama diantaranya Ratna Listy (Artis dan Presenter), Putri Violla (Presenter), Djarot Saiful Hidayat (Mantan Gubernur DKI Jakarta), dan Muhammad Lukman Edy (mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu).


9)         Universitas Diponegoro (UNDIP)
Universitas Diponegoro (undip.ac.id)
Sama seperti UB, Universitas Diponegoro juga masih konsisten di peringkat ke-9 seperti tahun lalu. Universitas yang bertempat di Semarang ini memiliki alumni-alumni yang top di Indonesia. Gak tanggung-tanggung, orang terkaya di Indonesia Michael Hartono dan Robert Budi Hartono (pemilik PT Djarum) merupakan contoh jebolan kampus dengan almamater biru tua ini. Selain itu, ada juga Anindya Kusuma Puteri (Puteri Indonesia 2015), Muhammad Nasir (Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2014-2019) dan sejumlah tokoh terkenal lainnya.

8)         Universitas Padjajaran (UNPAD)
Universitas Padjajaran (unpad.ac.id)
Meskipun sempat turun dari peringkat tahun lalu, Universitas Padjajaran (UNPAD) masih bertengger di peringkat 10 besar terbaik. UNPAD memiliki dua kampus, yaitu di Bandung dan Jatinangor. Oh iya, Universitas ini juga sempat sempat menggratiskan Fakultas Kedokteran nya loh, sayangnya sekarang kebijakan itu sudah tidak berlaku lagi (semoga bisa gratis lagi yaa he he). Alumni UNPAD juga gak kalah kece dengan universitas-universitas sebelumnya. Beberapa yang pasti kamu kenal yaitu Hotman Paris Hutapea, sang pengacara kondang dan Mantan personil JKT 48, Melody Nurramdhani. Ada juga Penulis Novel negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi dan Penceramah terkenal, AA Gym (Abdullh Gymnastiar). Gimana? keren-keren juga kan alumninya?

7)         Universitas Bina Nusantara (BINUS)
BINUS (binus.ac.id)
Peringkat ke-7 ditempati oleh Universitas Bina Nusantara atau yang sering dikenal dengan nama BINUS. Pada tahun ini, BINUS naik satu peringkat dari posisi ke-8. Hebatnya lagi, BINUS adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang masuk ke dalam 10 besar terbaik versi QS, bahkan sejak beberapa tahun belakangan. Universitas ini juga dikenal dengan kampusnya para sultan (orang kaya). Pasalnya, biaya kuliah di BINUS perlu merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah loh. BINUS ini juga gak kalah dari PTN soal jebolan alumni. Mulai dari artis (seperti Pamela Bowy, Jessica Mila, Morgan Oey, dll) hingga pengusaha (William Tanuwijaya, founder Tokopedia), semuanya ada.

6)         Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
ITS (its.ac.id)
Peringkat ke-6 ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang juga naik satu peringkat dari tahun sebelumnya. FYI, Perguruan Tinggi yang berlokasi di Surabaya ini selalu konsisten masuk 10 besar terbaik di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Gimana soal alumninya? gak main-main, ada Bu Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Mohammad Nuh (Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), dan Dwi Soetjipto (Mantan Dirut Pertamina). Oh iya ada juga komedian Cak Lontong (Lier Hartono) dan jurnalis dan Putri Indonesia 2007, Putri Raemawasti.

5)         Universitas Airlangga (UNAIR)
Unair (unair.ac.id)
Peringkat ke-5 ada Universitas Airlangga yang berlokasi di Surabaya. Universitas ini bertahan di posisi ke-5 sejak tahun 2018. Sejumlah tokoh terkenal dikabarkan merupakan alumni dari Universitas Airlangga seperti Ignasius Jonan yang telah berhasil mereformasi wajah kereta api di Indonesia dan menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Khofifah Indar Parawansa yang merupakan Gubernur Jawa Timur, Muhaimin Iskandar yang merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, musisi Rendy Pandugo dan Ari Lasso, serta Moestopo yang dideklarasikan sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2007. 

4)         Institut Pertanian Bogor (IPB)
IPB (ipb.ac.id)
Peringkat ke-4 ada Institut Pertanian Bogor yang sesuai dengan namanya, berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor telah bertahan di posisi ini sejak tahun 2018. FYI, saat ini IPB melakukan re-branding dan berganti penyebutan menjadi IPB University karena IPB telah menawarkan berbagai jurusan baru yang tidak sekedar berkaitan dengan pertanian. Jadi, jangan bingung ya kalau mendengar nama IPB University! Alumni yang lulus dari IPB ada Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan Presiden RI ke-6 dan Siti Nurbaya Abubakar yang merupakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

3)         Universitas Gadjah Mada (UGM)
UGM (ugm.ac.id)
Peringkat Ke-3 diduduki oleh Universitas Gadjah Mada. Kampus ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM telah menduduki peringkat ke 3 sejak tahun 2017 dan telah dikenal sebagai top 3 Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia. Kampus tersebut telah mencetak alumni yang kualitasnya tidak diragukan lagi seperti Presiden Joko Widodo yang saat ini menjadi Presiden Republik Indonesia, Anies Baswedan yang saat ini menjadi Gubernur DKI Jakarta, Boediono yang merupakan Wakil Presiden Republik Indonesia Ke-11, Retno Marsudi yang merupakan Menteri Luar Negeri, Budi Karya Sumadi yang merupakan Menteri Perhubungan, dan Mahfud MD yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

2)         Institut Teknik Bandung (ITB)
ITB (itb.ac.id)
Institut Teknik Bandung menempati peringkat ke-2 dan telah bertahan setidaknya dari 2017. Sesuai dengan namanya, ITB terletak di Bandung, Jawa Barat. Sama dengan UGM, ITB juga telah terkenal sebagai salah satu dari 3 universitas terbaik di Indonesia. ITB telah mencetak berbagai alumni yang terkenal seperti B.J Habibie yang merupakan Presiden ke-3 Republik Indonesia, ada pendiri salah satu startup unicorn di Indonesia yaitu Achmad Zaky, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pebisnis Aburizal Bakrie, dan seniman Sujiwo Tejo.

1)         Universitas Indonesia (UI)
UI (ui.ac.id)
Peringkat pertama ditempati oleh Universitas Indonesia yang sudah bertahan di posisi ini sejak tahun 2017. Universitas Indonesia adalah kampus tertua di Indonesia yang berlokasi di Salemba, Jakarta dan di Depok, Jawa Barat.Universitas Indonesia merupakan cikal-bakal dari kampus-kampus lainnya di Indonesia. Banyak alumni Universitas Indonesia yang namanya telah dikenal di Indonesia seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Emirsyah Satar, Raditya Dika, Dono Warkop, Najwa Shihab, Dian Sastro, dan Nicholas Saputra. Pasti kamu sudah tidak asing dengan nama-nama tersebut kan?

Demikian artikel kami tentang 10 kampus terbaik di Indonesia versi QS. Kamu dapat menjelajahi laman tentangkampus.id untuk mencari tahu informasi lebih lanjut tentang kampus-kampus tersebut loh! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!






Sumber:
Bahan utama kami:

Bahan pelengkap:
Foto UB kami ambil dari: ub.ac.id
Foto Undip kami ambil dari: undip.ac.id
Foto Unpad kami ambil dari: id.wikimedia.org
Foto Binus kami ambil dari: binus.ac.id
Foto ITS kami ambil dari: its.ac.id



3 Komentar untuk "10 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel