Universitas? Politeknik? Akademi? Bedanya apa sih? Yuk kenali jenisnya!





Halo gaes. Sudah tau belum habis lulus mau lanjut kemana? universitas negeri? universitas swasta? kedinasan? politeknik? institut? sekolah tinggi? akademi?

Hah? kok banyak banget? bedanya apa?

Yap, memang dalam memilih perguruan tinggi, ada banyak hal yang harus dicari tau. Termasuk salah satunya adalah jenis-jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Karena masing-masing dari jenis tersebut mempunyai perbedaan dan persamaan. Biar kamu tau, mari kita simak perbedaan dan persamaan dari jenis-jenis perguruan tinggi.

Oh iya, sebelum masuk ke perbedaannya, kamu harus tahu bahwa penyelenggaraan pendidikan tinggi dapat dikategorikan menjadi 3 berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan. Apa aja? Ada pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan pendidikan spesialis. Pendidikan akademik merupakan pendidikan yang fokus pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu. Program pendidikan akademik terdiri dari Sarjana (S1), Master (S2), dan Doktor (S3). Pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang fokus pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Program pendidikan vokasi terdiri dari Diploma 1 (DI), Diploma 2 (DII), Diploma 3 (DIII), dan Diploma 4 (DIV). Gelar yang diperoleh dari pendidikan vokasi yaitu Ahli Pratama (A.P), Ahli Pratama Muda (A.Mp), Ahli Madya (A.Md).

Tapi, kamu udah tau belum sih perguruan tinggi itu apa? Jadi, kalau kata UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Jadi setiap penyelenggara pendidikan setelah pendidikan menengah yang menyediakan program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor itu masuk kedalam kategori pendidikan tinggi. Nah, universitas, institut, politeknik, sekolah tinggi, dan akademi merupakan jenis-jenis perguruan tinggi karena menyediakan program tersebut.

Terus, bedanya di mana?

  1. Universitas
Universitas adalah penyelenggara perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademis dan/atau pendidikan vokasi dan/atau spesialis yang didalamnya terdapat berbagai disiplin ilmu yang dikelompokkan ke dalam fakultas. Universitas biasanya menyediakan program pendidikan Diploma III, Sarjana, Master, hingga program Doktoral. Contoh dari universitas adalah Universitas Indonesia yang di dalamnya terdapat disiplin ilmu matematika, biologi, geografi yang dikelompokkan ke dalam fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jika kamu ingin tahu tentang berbagai macam Universitas di Indonesia, pantengin selalu tentangkampus.id ya!

  1. Institut
Institut pada dasarnya mirip seperti universitas. Institut menyelenggarakan pendidikan akademis dan vokasi, tetapi biasanya institut hanya menyediakan keilmuan yang berasal dari rumpun ilmu tertentu. Sebagai contoh, Institut Kesenian Jakarta yang berfokus hanya pada kesenian dan Institut Teknologi Bandung yang berfokus kepada teknologi dan ilmu pasti, meskipun sekarang sudah berkembang menjadi menyediakan fakultas yang tidak begitu berkaitan dengan teknologi.

  1. Sekolah Tinggi
Sekolah tinggi merupakan perguruan tinggi yang dapat menyelenggarakan jenis pendidikan akademis maupun pendidikan vokasi. Yang membedakan sekolah tinggi dari kedua jenis pendidikan sebelumnya adalah sekolah tinggi berfokus pada satu fakultas sehingga tidak tersedia banyak pilihan dalam sekolah tinggi. Fakultas tersebut hanya fokus pada satu bidang ilmu yang kemudian dibagi menjadi jurusan-jurusan yang lebih spesifik.

  1. Politeknik
Politeknik adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi. Jadi, politeknik tidak menyediakan pendidikan akademis sehingga tidak terdapat program sarjana (S1), master (S2), maupun doktor (S3). Politeknik hanya menyediakan program diploma mulai dari DI sampai dengan DIV, tergantung dari politeknik yang bersangkutan. Lulusan dari politeknik diharapkan dapat lebih siap untuk bekerja karena dasar dari pendidikan vokasi adalah penguasaan ilmu terapan sehingga harus dapat langsung diaplikasikan.

  1. Akademi
Akademi adalah lembaga pendidikan yang sama seperti politeknik yaitu lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi. Nah, perbedaannya terletak pada jumlah keilmuan yang disediakan oleh lembaga pendidikan tersebut. Tidak seperti politeknik yang menyediakan banyak pilihan rumpun ilmu, akademi hanya berfokus pada satu rumpun ilmu yang kemudian dibagi menjadi jurusan spesifik dari rumpun ilmu tersebut.

Gimana gaes? Udah paham sekarang? Kalau ada yang nanya, udah bisa jawab kan?

Selain dari perbedaan jenis perguruan tinggi, kamu juga harus mengetahui jenis perguruan tinggi berdasarkan penyelenggaranya. Terdapat 3 jenis perguruan tinggi berdasarkan penyelenggaranya, yaitu Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, dan Perguruan Tinggi Kedinasan. Oh iya, kami juga punya loh informasi mengenai 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kamu bisa membuka link ini untuk membaca artikel tersebut. Terima kasih telah membaca artikel ini! Semoga kamu bahagia!


Sumber:
UU No. 20 Tahun 2003. Kok cuman 1? Soalnya kita mau lihat definisi legal di Indonesia dan lebih kepake definisi ini sih….
Gambar ilustrasi: Dibuat (iseng-iseng) oleh salah satu tim tentangkampus.id

Belum ada Komentar untuk "Universitas? Politeknik? Akademi? Bedanya apa sih? Yuk kenali jenisnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel