5 Kampus dengan Jurusan Gizi Terbaik di Indonesia




"Halo guys!
Kamu tertarik dengan jurusan Ilmu Gizi?
Atau bahkan belum tau Ilmu Gizi itu akan mempelajari apa, sih?
Nah kalau gitu pas banget! Artikel ini akan menjawabnya."


Jurusan Ilmu Gizi ini akan mengajakmu untuk mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam penelitian mengenai nutrisi dan kebutuhan dasar (standar) nutrisi pada makhluk hidup.

Nah, prospek dari jurusan ini juga cukup beragam loh, guys. Setelah menamatkan pendidikan Ilmu Gizi, biasanya kamu akan bekerja di Instalasi Gizi Rumah Sakit, Perusahaan Industri Makanan, Institusi Pemerintah, Konsultan Gizi, Pengusaha Kuliner, Lembaga Kesehatan Masyarakat, sampai Tenaga Pendidik (dosen).

Lalu, di mana aja si kampus dengan jurusan Ilmu Gizi terbaik di Indonesia versi tentangkampus.id ???

1.      Universitas Indonesia

Jurusan Gizi di UI ini berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat alias FKM UI. Nah, Sarjana Gizi lulusan Program Studi Gizi FKM UI dapat bekerja di pelbagai bidang seperti: Perencana Program Pangan dan Gizi di Lembaga Swadaya Masyarakat, International Non Government Organization, Puskesmas, Dinas Kesehatan kota , kabupaten dan propinsi; peneliti di lembaga penelitian gizi dan kesehatan; staf pengajar di institusi pendidikan pemerintah dan swasta, konsultan dan ahli gizi di bidang industri pangan & jasa makanan, termasuk catering rumah sakit dan klinik.

Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat memiliki 17 dosen tetap: 1 orang guru besar (Professor), 9 orang bergelar Doktor (S3), 9 orang bergelar Magister (S2), 1 diantaranya sedang mengikuti studi doktor (S3). Disamping itu terdapat beberapa orang dosen luar biasa yang sangat kompeten dalam bidangnya. Staf pengajar tersebut lulusan dari pelbagai perguruan tinggi ternama baik dalam maupun luar negeri dengan berbagai bidang keahlian.


2.      Universitas Gajah Mada

Nah, kalau di UGM, jurusan Gizi ini bernama Program Studi Gizi Kesehatan. Prodi ini berada di bawah Fakultas Kedokteran UGM dengan akreditasi A guys. Sudah tidak diragukan lagi yaa.

3.      Institut Pertanian Bogor

Di IPB, Jurusan Ilmu Gizi ini berada di bawah naungan Fakultas Ekologi Manusia, guys. Memperoleh akreditasi A, Prodi ini menargetkan lulusannya untuk dapat menguasai teori dasar ilmu gizi, ilmu pangan, biomedis, patofisiologi, kesehatan masyarakat, statistik, antropologi sosial, ekonomi, manajemen, humaniora, dan pengetahuan tentang pelayanan dan kewenangan sebagai ahli gizi dalam sistem kesehatan nasional dan sistem ketahanan pangan dan gizi nasional, serta menguasai konsep teoretis dietetik secara mendalam untuk dapat memformulasikan pemecahan masalah gizi dan pangan perorangan, kelompok, masyarakat, dan institusi (termasuk industri). Gimana? Tertarik?

4.      Universitas Airlangga

Next, jurusan gizi terbaik di Indonesia juga salah satunya ada di Unair nih guys. Nah, di Unair, Jurusan Ilmu Gizi ini berada di bawah Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Kalau kamu tertarik melanjutkan studi di sini, keterampilan ini yang akan kamu dapatkan guys.

  1. Mampu melakukan penilaian status gizi individu, kelompok dan masyarakat (nutritional assessment skill)
  2. Mampu melaksanakan penelitian dan memutakhirkan diri dalam perkembangan ilmu dan teknologi bidang gizi (research and appraisal skill)
  3. Mampu melaksanakan pelayanan serta intervensi pangan dan gizi bagi individu, kelompok dan masyarakat melalui kerjasama lintas sector, lintas disiplin dan lintas profesi (nutrition intervention and food services skill)
  4. Mampu melakukan kegiatan advokasi dalam menangani masalah gizi (advocacy skill)
  5. Mampu melakukan komunikasi yang efektif tentang materi dan kasus gizi dalam berbagai media komunikasi
  6. Mampu menggunakan software statistik dan gizi dalam menganalisis data
  7. Mampu melakukan presentasi hasil penelitian tentang materi dan kasus gizi dengan menggunakan bahasa Inggris
  8. Mampu berkolaborasi dengan sesama profesi kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi kepada masyarakat
  9. Kompetensi khusus
  10. Mampu memberikan konsultasi dietetik terkait dengan masalah kesehatan dan atau kebutuhan gizi masyarakat perkotaan
  11. Mampu menyajikan karya ilmiah yang diperoleh dari hasil lapangan dalam bentuk tertulis dalam jurnal ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional
  12. Mampu menerapkan ilmu dan ketrampilan di bidang pangan dan gizi dalam kegiatan wirausaha

5.      Universitas Diponegoro

Last but not least, Jurusan Ilmu Gizi Universitas Diponegoro. Kalau di Undip, Ilmu Gizi berada di bawah Fakultas Kedokteran, guys. Program Studi Ilmu Gizi Undip menetapkan persyaratan bahwa dosen pengajar PSIG Undip memiliki kualifikasi pendidikan minimal S2 dan mampu menjalankan Visi serta Misi PSIG Undip. Nah, terjaga kan kualitas pendidiknya?


Jadi, itu dia 5 Jurusan Gizi terbaik yang ada di Indonesia. Eits, tapi ngga usah khawatir, masih banyak universitas lain di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan gizi, guys. Tetap semangat untuk meraih cita-citamu, yaa..


Referensi:



Gambar ilustrasi:

Gambar milik Mohamed Hassan, www.pxhere.com

Belum ada Komentar untuk "5 Kampus dengan Jurusan Gizi Terbaik di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel