Jurusan Sastra Indonesia, Belajar Apa?

Novel Bumi Manusia karya Ananta Toer adalah salah satu karya sastra paling terkenal dan fenomenal di Indonesia

“Kamu lagi cari-cari jurusan yang sesuai untuk kuliah? 
Atau, kamu udah suka ‘nyastra’ tapi penasaran kalau kuliah jurusan Sastra Indonesia itu belajar apa aja?”

Nah, ini yang kamu perlu tahu. Jurusan Sastra Indonesia itu pada umumnya mempelajari beberapa bidang, di antaranya yaitu linguistik, sastra, dan filologi. Linguistik atau bidang tata bahasa ini banyak mengupas segala permasalahan berkaitan dengan fenomena bahasa yang ada di Indonesia. Kamu akan belajar banyak mengenai struktur kata hingga kalimat, sistem pemerolehan bahasa, gangguan dalam berbahasa, ilmu jurnalistik, bahkan sampai dengan teknik penyusunan kamus. Di beberapa universitas, kamu juga akan diajarkan bahasa Isyarat, loh. Mata kuliah isyarat ini juga merupakan salah satu mata kuliah bidang linguistik. Selain itu, walaupun kuliah jurusan Sastra Indonesia itu bukan fokus untuk kependidikan, tapi kamu juga tetap akan mendapatkan skill pengajaran bahasa. Ini berguna banget kalau kamu mau jadi guru bahasa Indonesia bagi orang Indonesia, maupun orang asing yang ingin belajar bahasa Indonesia. 

Lalu, ada juga bidang sastra yang akan ngajak kamu banyak mengulik persoalan sastra Indonesia mulai dari sejarah perkembangan sastra, tokoh-tokoh sastra dan berbagai karyanya, perbandingan karya sastra, gender dalam sastra, hingga teknik penulisan karya sastra. Jurusan ini juga akan mengajakmu untuk berpikir kritis sehingga kamu dapat mengkritik suatu karya sastra (mulai dari cerpen, novel, puisi, hingga drama) dengan perspektif berbeda. 

Selain itu, ada juga bidang filologi yang turut diajarkan kalau kamu mengambil jurusan Sastra Indonesia, loh. Menekuni bidang filologi akan mengajakmu bertamasya ke masa lalu melalui naskah-naskah klasik. Di sini, kamu akan mendapatkan ilmu mengenai cara membaca naskah klasik, aksara, juga bahasa yang digunakan di dalam naskah. Selain itu, kamu juga akan banyak dilatih untuk dapat menelusuri dan mengungkap kearifan budaya bangsa Indonesia melalui naskah yang kamu baca. Tradisi sastra nusantara hingga keberagaman budaya Indonesia dapat kamu temukan langsung melalui naskah yang tidak semua orang dapat membacanya.

Nah, ketiga bidang ilmu di atas adalah hal-hal yang akan kamu dapatkan saat belajar di jurusan Sastra Indonesia. Pengalamanku saat mengambil jurusan ini sangat mengesankan. Hal yang mungkin biasanya terlintas di benak orang bahwa jurusan Sastra Indonesia adalah jurusan yang santai dan tidak begitu memusingkan, mungkin bisa dibilang enggak tepat juga, ya. Di jurusan ini, dari pengalaman kami, skill penulisan banyak dilatih dengan banyaknya tugas menulis yang diberikan dosen, baik itu untuk karya fiksi ataupun nonfiksi. Selain itu, kemampuan dan kemauan membaca pun harus ditingkatkan untuk menekuni bidang ilmu ini. Menariknya lagi, pemahaman mengenai budaya negeri sendiri menurutku menjadi hal yang penting untuk diketahui dan aku dapat dari sini. Kemampuan memahami gejala sosial dan juga fenomena kebahasaan boleh dibilang akan kamu dapatkan saat kamu menekuni jurusan Sastra Indonesia. 

Gimana? Sudah lebih terbayang sekarang akan belajar apa di jurusan Sastra Indonesia? 
Atau kamu mau tau tentang jurusan kuliah lainnya? Sering-sering mampir ke website ini yaa. Atau kamu juga bisa request langsung ke tim tentangkampus untuk mengulas jurusan yang kamu inginkan.

Referensi:
Gambar ilustrasi:
Cover buku Bumi Manusia diambil dari goodreads.com kemudian divisualisasikan oleh tentangkampus.id

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Sastra Indonesia, Belajar Apa? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel