Mau Coba Kuliah di Luar Negeri? Ikut program Exchange Student aja!


Belajar atau kuliah di luar negeri mungkin menjadi impian banyak mahasiswa di Indonesia. Bukan untuk sekedar “keren-kerenan”, esensi dari belajar ke luar negeri yaitu untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang baru dan juga seru. Selain itu, kuliah di luar negeri juga akan menambah teman serta memperluas koneksi kamu. Asyik ya! Perlu kamu tahu, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, misalnya ikut exchange student, summer course, ikut kelas internasional, hingga menjadi mahasiswa reguler di kampus luar negeri.

Bagi kamu yang sedang S1 di Indonesia tapi gak sabar buat “nyobain”, ikut program exchange student atau pertukaran pelajar adalah salah satu cara yang paling memungkinkan. Banyak program pertukaran pelajar yang bisa kamu ambil. Jenis dan durasinya pun beragam. Ada yang durasinya beberapa hari, beberapa minggu, satu semester, hingga satu tahun. Beberapa program pertukaran yang cukup terkenal diantaranya, Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP), Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP), The Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS Programme), American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), dan lain sebagainya.

Wah, kelihatannya seru ya, banyak pilihannya lagi! tapi, tentunya tidak semudah itu Ferguso! ada sejumlah hal yang perlu “dikorbankan”. Misalnya waktu dan tenaga, kamu harus belajar lebih giat agar nilai kamu bagus dan masuk kualifikasi sebagai mahasiswa pertukaran. Berikutnya kemampuan bahasa asing (terutama Inggris) juga merupakan hal yang wajib bagi kamu yang hendak belajar ke negeri orang. Selain itu, banyak program pertukaran yang mengharuskan kita membayar sejumlah uang, meskipun juga cukup banyak yang memberikannya secara cuma-cuma, alias gratis. Sejumlah hambatan juga menanti di depan mata, misalnya homesick dan cultural shock. Seleksi yang ketat juga diberlakukan bagi kebanyakan program pertukaran. Ya iyalah ya, banyak yang minat. 

Pokoknya, seorang mahasiswa pertukaran bakal punya kesempatan untuk mengembangkan perspektif mereka tentang dunia hingga mempelajari berbagai budaya di dunia. Oh iya, banyak juga mahasiswa pertukaran yang semakin matang kedewasaannya setelah menyelesaikan program mereka. Kok bisa? karena mereka ngurus segala-galanya sendiri, mulai dari makan, beberes kamar, nyuci, dan lain-lain. Mungkin mirip-mirip dikit lah dengan anak rantau yang kost di luar kota. Terus, para mahasiswa pertukaran juga bisa banget untuk bangun koneksi yang lingkupnya internasional. Selain pengembangan diri, keterampilan yang dikembangkan selama program pertukaran juga merupakan nilai jual yang besar bagi suatu perusahaan atau instansi ketika mereka lulus dan akan memasuki dunia kerja. Jadi, kamu masih tertarik dan semangat untuk ikut program exchange student? Masih berani kan untuk belajar ke luar negeri?

Referensi:

Belum ada Komentar untuk "Mau Coba Kuliah di Luar Negeri? Ikut program Exchange Student aja!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel