Mengenal Kampus: Universitas Indonesia



Kamu cari kampus untuk kuliah? Yuk kenali Universitas Indonesia. Kampus yang terkenal dengan ciri khas Jaket Kuning-nya ini (karena memang jaket almamaternya yang warna kuning) menjadi kampus nomor 1 di Indonesia versi QS World University Rankings 2019, Times Higher Educations (THE), loh.
Eits, ngga cuman jaket almamaterya aja yang warna kuning, ada bis kampus yang akrab disapa BiKun (Bis Kuning) oleh para mahasiswa, dan juga SpeKun (Sepeda Kuning) yang desainnya didominasi warna kuning.
UI juga merupakan kampus tertua di Indonesia, loh. Universitas ini didirikan sejak tahun 1851 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan tujuan untuk menciptakan asisten dokter tambahan dengan nama STOVIA (School tot Opleiding Van Indische Artsen), dan kemudian berkembang menjadi Universiteit van IndonesiĆ«, Universiteit Indonesia, barulah menjadi Universitas Indonesia yang kita kenal saat ini.
Kampus UI saat ini terbagi menjadi dua, ada kampus UI Depok dan ada kampus UI Salemba. Kampus UI Depok ini dikhususkan untuk seluruh program S1, jadi kalau kamu mau ambil S1 di UI, bisa dipastikan kamu akan bolak-balik di sekitaran Depok. Kalau di Salemba ini, ada beberapa program S2 yang masih melaksanakan kuliah di sana.
Bicara tentang akademis di UI, berdasarkan pengalaman, kampus UI itu boleh dibilang heterogen. Semua jenis manusia ada di sini dan kamu bisa berekspresi menjadi dirimu sendiri. Iklim akademis di sini sangat cocok buat kamu yang hobi belajar. Semua akses informasi dan pendidikan bisa dengan mudah kamu dapatkan, baik dari pengajarnya (dosen) yang memang berwawasan luas, ataupun dari berbagai media dan fasilitas yang disediakan kampus.
           Terdapat 14 fakultas di UI, di antaranya yaitu:
  1. Fakultas Psikologi,
  2. Fakultas Hukum (FH),
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP),
  4. Fakultas Ilmu Administrasi (FIA),
  5. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB),
  6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB),
  7. Fakultas Teknik (FT),
  8. Fakultas Matematika dan IPA (MIPA),
  9. Fakultas Farmasi (FF),
  10. Fakultas Kedokteran (FK),
  11. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG),
  12. Fakultas Keperawatan,
  13. Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM),
  14. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). 

Selain itu, ada juga program Pendidikan S3 atau Vokasi. Dari keempat belas fakultas yang ada, masih banyak peminatan-peminatan lain di dalamnya. Kamu bisa akses seluruh pedoman perkuliahan dan akademis fakultas secara daring di website resmi UI sebelum kamu menentukan kamu mau belajar apa. Kemudian, UI juga menawarkan berbagai jenjang pendidikan mulai dari D3, S1, S2, dan S3. 

Untuk biaya pendidikan, UI menawarkan skema pembayaran yang beragam. Kamu ingin tahu biaya kuliah di UI? Pantengin terus website kita ini ya!. Jangan khawatir dulu begitu melihat biaya pendidikan di UI. Di kampus ini, ada berbagai beasiswa yang bisa kamu ambil untuk membantu biaya pendidikanmu. UI bahkan menyediakan kanal beasiswa bagi mahasiswanya yang mau mencari beasiswa pendidikan. Tidak melulu untuk mahasiswa berprestasi, untuk kamu yang minim biaya namun berkeinginan kuat untuk belajar lebih banyak, ada beragam beasiswa yang kamu bisa ikuti, salah satunya yang paling besar peminat dan kapasitas tersedia cukup banyak adalah bidikmisi. 

Kegiatan mahasiswa di sini pun beragam. Untukmu yang punya minat bakat di bidang apapun, dapat dipastikan UI memiliki komunitas, lembaga, bahkan unit kegiatan mahasiswa (seperti ekskul kalau di lingkup SMA) yang bisa mengakomodir apapun hobi kamu. Kamu hanya harus pintar-pintar memiliki kegiatan apa yang ingin kamu tekuni. Ada bidang seni, bidang olahraga, bidang ilmiah, sampai kegiatan sosial yang bisa kamu ikuti. Jika kamu senang berorganisasi, di sini pun ada berbagai lembaga organisasi yang bisa kamu tekuni. Tertarik lebih lanjut dengan kampus UI untuk melanjutkan pendidikanmu? Kamu bisa lihat beberapa laman di bawah ini untuk referensi. Salah satunya adalah FAQ atau pertanyaan yang sering diajukan di sini (nanti ya guys, masih disusun hehe) ya! Atau kamu mau tau info tentang kampus-kampus lain? Kamu bisa simak terus TentangKampus.id ya! Terima kasih telah membaca!


 
Link kampus UI yang bisa kamu akses:



--
Foto UI: dokumentasi pribadi salah satu tim tentangkampus.id

Lokasi UI (Depok, Jawa Barat)

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Kampus: Universitas Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel