Ini Dia 7 Hal yang Wajib jadi Pertimbangan Ketika Memilih Kampus


"Udah mau daftar kuliah tapi masih bingung milih kampus yang mana?
Dengan baca tulisan ini, mungkin kebingungan kamu bisa teratasi!"  

Memilih kampus atau perguruan tinggi emang jadi hal yang sering bikin calon mahasiswa pusing kepala. Gimana enggak, di Indonesia aja jenis kampusnya ada bermacam-macam ada Perguruan Tinggi  Negeri, Swasta, hingga Kedinasan. Udah gitu, jumlahnya juga banyak banget. Gak usah lama-lama, ini dia 7 hal yang wajib jadi pertimbangan ketika kamu memilih kampus.

1. Minat dan Kemampuan
(www.thebluediamondgallery.com)
Menentukan minat adalah hal yang paling penting ketika kamu milih kampus. Kuliah itu perlu waktu minimal 3-4 tahun buat lulus loh. Kalau kamu gak minat, kamu akan kesulitan belajar atau setidaknya cepat bosan dengan yang kamu pelajari nanti. Dampaknya? kuliah kamu bisa gak maksimal bahkan bisa aja menjadi sia-sia (kalau sampai drop-out). Kamu juga perlu analisa kemampuan atau keterampilan kamu ya. Meskipun ujung-ujungnya kamu harus tetap belajar banyak keterampilan baru waktu kuliah nanti. At least, kamu ada modal ketika masuk kuliah, misal kemampuan mengolah angka atau number crunching, kuat dalam menghafal, jago menggambar, dsb.

2. Jenis Kampus atau Perguruan Tinggi
(www.freepik.com)
Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah jenis suatu kampus atau perguruan tinggi. Sehingga, kamu bisa menyortir dulu nih nama-nama kampus berdasarkan jenis atau kategorinya. Secara garis besar, jenis perguruan tinggi ada tiga macam. Pertama, Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Jenis kampus yang satu ini merupakan incaran utama sebagian besar pelajar yang mau masuk kuliah. Perguruan Tinggi yang dana pengelolaannya dibantu oleh pemerintah ini biasanya lebih bergengsi karena kuotanya sangat dibatasi. Selain itu, biayanya juga relatif terjangkau. Kedua, Perguruan Tinggi Swasta (PTS).Berbeda dengan PTN, PTS dikelola oleh badan swasta atau privat. Jadi, biaya kuliah PTS umumnya lebih mahal dibandingkan PTN, meskipun gak selalu. Ketiga, Perguruan Tinggi Kedinasan (biasanya disebut Sekolah Tinggi Kedinasan atau Akademi). Nah, kalo yang satu ini bisanya berada di bawah suatu kementerian atau lembaga pemerintahan tertentu. Selain kuliahnya murah (bahkan gratis), Sekolah Kedinasan biasanya setelah lulus langsung berkesempatan kerja di lembaga terkait. Sama kaya  PTS, perguruan tinggi jenis ini juga selektif dalam menerima murid, bahkan jauh lebih selektif dari sejumlah PTN. (Mau tau jenis-jenis PTN dengan lebih detil? baca ini yuk.)

3. Akreditasi dan Reputasi Kampus
(www.seeklogo.com)
Akreditasi biasanya dipakai sebagai tolak ukur kualitas sebuah kampus. Nah, akreditasi ini dinilai oleh pemerintah dan diperbaharui dalam beberapa tahun sekali. Gak cuma ngukur kualitas, akreditasi ini bisa mempengaruhi kamu ketika nyari kerja. Sebagian perusahaan atau lembaga sering mensyaratkan para pelamar berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A atau seenggaknya B. Untuk ngeceknya gampang kok, kamu bisa liat situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau bisa juga ke situs Universitasnya langsung.

4. Lokasi
(c.pxhere.com)
Hal yang gak kalah krusial ketika nentuin kampus adalah lokasi. Kamu perlu tau nih, kampus pilihan kamu letaknya di mana, di kota asal, luar kota, atau bahkan luar pulau. Pertimbangan lokasi itu penting banget karena akan mempengaruhi banyak hal, mulai dari lingkungan, biaya, hingga masalah psikologis. Kalo kamu yang ingin merantau dan gak gampang homesick, milih kampus di manapun kayaknya gak masalah. Akan tetapi, kalo kamu termasuk orang yang mudah homesick, atau gak boleh pergi terlalu jauh sama keluarga, kamu perlu cari kampus yang paling dekat dengan tempat kamu tinggal. Perlu diingat juga, kalo keluar kota umumnya bisa  memakan biaya yang lebih besar karena harus kos, makan sendiri, dll

5. Biaya
(c.pxhere.com)
Berikutnya adalah mempertimbangkan biaya. Yap, kuliah itu pasti ngeluarin biaya. Meskipun dapet yang biayanya murah atau gratis, tetap aja ada sejumlah biaya yang perlu dikeluarkan. Selain uang pangkal dan semesteran, beberapa hal yang perlu biaya yaitu: transportasi, tempat tinggal (kalau kos), makan, beli buku, print dan fotokopi tugas, hingga jajan dan pergi hang-out sama temen kampus. Biaya kuliah suatu kampus itu relatif, dan tergantung dari rumpun ilmunya. Untuk saintek biasanya lebih mahal dari soshum karena banyak praktek. Lokasi kampus juga ngaruh banget loh. Contoh, biaya hidup di Jabodetabek jelas lebih mahal daripada biaya hidup di Jogjakarta.

6. Lingkungan Kampus
(c.pxhere.com)
Lingkungan suatu kampus juga gak kalah penting dari yang lain. Milih kampus itu ibarat milih tempat tinggal, karena keseharian kamu bakalan banyak di kampus. Tipe orang itu beda-beda, ada yang akademik banget (read: ambis), agak nyantai, nyantai banget, tukang nongkrong, dan sebagainya. Kalo gak cocok dengan “iklim” sebuah kampus, kamu bisa aja gak nyaman atau bahkan jadi gak semangat ngampus. So, kalo bisa, cari tau tentang lingkungan kampus yang kamu pilih. Kecuali kalo kamu yang emang jago beradaptasi atau gak ambil pusing sama lingkungan yang kamu masukin nanti. Untuk tau lingkungan kampus, kamu bisa tanya langsung ke mahasiswanya, dan rajin-rajin kunjungin tentangkampus.id (atau situs internet lainnya)

7. Fasilitas Kampus
(www.masterstudies.com)
Last but not least, fasilitas sebuah kampus bisa berpengaruh ke kualitas mahasiswanya. Mempertimbangkan hal ini perlu kamu lakukan biar gak nyesel nantinya. Coba aja kamu bayangin kalo kuliah di kampus yang bangunanya bocor, meja dan kursinya rusak, ruangannya gak nyaman, atau semacamnya. Meskipun kondisi kaya tadi agak jarang ditemuin di kampus sih. Tapi ada lagi nih, fasilitas-fasilitas lain yang perlu dicek. Misal, apakah penunjang transportasinya (akses keluar masuk dan parkiran) mumpuni, akses internetnya bagus, perpustakaannya lengkap,  laboratoriumnya bagus, dan lain-lain.
Okay, itulah 7 hal yang wajib kamu pertimbangkan waktu milih kampus atau perguruan tinggi. Pokoknya, kamu perlu ngumpulin informasi yang kredibel dan rinci tentang hal-hal tersebut ya! Biar gak menyesal di kemudian hari. Semoga itu bisa membantu kamu dan gak bikin bingung lagi. Good luck!
ARM

Referensi:
Gambar ilustrasi diambil dari : www.freepik.com

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia 7 Hal yang Wajib jadi Pertimbangan Ketika Memilih Kampus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel