5 Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Ilmu Hukum Terbaik di Indonesia

Siapa sih yang gak kenal dengan jurusan atau program studi Ilmu Hukum? Selain prospeknya yang biasanya cerah dan menjanjikan, jurusan ini juga umumnya mempunyai daya tampung yang cukup banyak. Kok bisa? Iya dong, soalnya satu Fakultas Hukum biasanya cuma ada satu jurusan yaitu jurusan Ilmu Hukum. Beda dengan fakultas di rumpun ilmu humaniora lainnya yang satu fakultas bisa terdiri dari beberapa jurusan, seperti: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sastra atau Ilmu Budaya, ataupun Fakultas Ekonomi. Kalau kamu ingin berkarir sebagai pengacara, jaksa, hakim, atau sejenisnya, kamu lagi baca tulisan yang tepat. Langsung aja ya, ini dia 5 rekomendasi Universitas dengan jurusan Ilmu Hukum terbaik di Indonesia.

1) Universitas Gadjah Mada (UGM)
ugm.ac.id
Nama Universitas yang satu ini pasti udah gak asing lagi di telinga para calon maba (mahasiswa baru) ataupun orang awam sekalipun. Universitas yang terletak di Yogyakarta ini merupakan salah satu kampus terbaik dan terfavorit di Indonesia. Sebagai pioneer sekolah hukum di Indonesia, UGM telah banyak menelurkan sejumlah pakar hukum dan tokoh penting di Indonesia seperti Gandjar Pranowo, Hotma P. D. Sitompoel, Mahfud MD, Denny Indrayana, dan sebagainya. Akreditas UGM tentunya gak usah kamu ragukan lagi, yaitu A. Soal daya tampung, prodi Hukum UGM di SBMPTN tahun 2019 berjumlah 149 kursi. Hmmm, lumayan banyak ya?

2) Universitas Indonesia (UI)
thejakartapost.com
Berikutnya adalah Universitas Indonesia. Yap, kampus paling beken se-Indonesia dan terbaik di Indonesia ini punya prodi Hukum dengan kualitas yang gak perlu kamu ragukan lagi. Universitas yang langganan jadi ranking 1 terbaik di Indonesia (versi QS World) ini merupakan idaman bagi para calon pakar hukum di Indonesia. Bicara soal alumni, banyak deh yang jadi pengacara terkenal, pejabat publik, atau tokoh berpengaruh lainnya di Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu: Sofyan Djalil, Yusril Ihza Mahendra, Jimly Asshiddiqie, Adnan Buyung Nasution, hingga Alya Rohali. Pada SBPTN tahun 2019, Universitas yang Fakultas Hukumnya berakreditasi A ini punya kuota 167 kursi loh. Wah, sedikit lebih banyak dari UGM nih ya.

3) Universitas Diponegoro (Undip)
fh.undip.ac.id
Rekomendasi kami berikutnya adalah Universitas Diponegoro atau Undip. Universitas yang tahun 2020 masuk 10 besar terbaik di Indonesia (versi QS World) ini punya reputasi jurusan Hukum yang sangat baik. Kayaknya bukan rahasia lagi, kalau alumni FH Undip selalu menghasilkan pakar-pakar hukum terbaik. Beberapa nama alumni yang mungkin kamu kenal yaitu: Prof. Muladi (Mantan Menteri di Era Orde Baru), Prof. Satjiepto Rahardjo, dan Prof. Barda Nawawi Arief. Oh iya, tak ketinggalan ada Tjahjo Kumolo yang saat ini menjabat sebagai Menpan RB. Soal daya tampung SBMPTN, tahun 2019 lalu Undip menyediakan sebanyak 425 kursi! Wih, banyak banget ya.

4) Universitas Padjajaran (Unpad)
edura.id
Berikutnya adalah Universitas yang berpusat di Bandung, yaitu Universitas Padjajaran (Unpad). Universitas yang punya kampus “cabang” di Jatinangor ini memang cukup terkenal dengan cetakan alumninya yang hebat-hebat dan terkenal, termasuk dari prodi Hukum. Siapa aja sih alumninya? ada Bagir Manan,mantan Ketua Mahkamah Agung, dan  mantan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Kemenkumham Indonesia, Romli Atmasasmita. Ada juga nih pengacara nyentrik yang sering muncul di channel tv lokal, Ruhut Sitompul. Mau masuk FH Unpad? tenang, meskipun cukup banyak peminatnya (sekitar 5000-an), pada tahun 2019 lalu, Unpad menyediakan sebanyak 180 kursi kosong yang siap diisi oleh calon-calon pakar hukum Indonesia. Semoga kamu bisa menjadi salah satunya ya!

5) Universitas Sebelas Maret (UNS)
mamikos.com
Rekomendasi kami yang kelima adalah Universitas Sebelas Maret (UNS). Sebagai Universitas tertua di kota Solo, UNS selama ini emang dikenal dengan kualitas lulusannya yang oke punya, salah satunya pakar hukum Prof. Adi Sulistiyono. Kalian tau kan? itu tuh, yang dikenal sebagai profesor hukum bisnis termuda di Indonesia. Berikutnya ada Tung Desem Waringin, motivator sukses yang termasuk dalam salah satu The Most Powerful People & Ideas in Business 2005 versi majalah Swa. Mau jadi mahasiswai FH UNS? pada SBMPTN 2019 kemarin, UNS memberikan kuota sebanyak 225 kursi untuk diisi.

Okay, jadi itu dia 5 rekomendasi kami untuk Universitas dengan jurusan Ilmu Hukum terbaik di Indonesia. Meski begitu, bukan berarti kampus atau universitas lain enggak layak kalian coba ya. Yang penting kalian cek dulu, akreditasi dan track record para alumninya. Jadi, dari 5 rekomendasi kami di atas, Universitas mana nih yang kalian paling minati? Yang manapun itu, semoga kalian berhasil masuk Universitas idaman ya!

Referensi:


Belum ada Komentar untuk "5 Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Ilmu Hukum Terbaik di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel