5 Cara Paling Mudah Untuk Mengatasi Laptop Kuliah yang Lemot

  

Apakah kamu sedang seperti gambar di atas? Lagi stress mikirin masalah hidup dan laptop yang lemot? Tenang! Melalui artikel ini, kami akan sharing tentang bagaimana mengatasi laptop yang lemot sehingga kamu dapat stress mikirin masalah hidup aja.

Sumber:freepic

Halo guys! Saat ini, disponsori oleh pandemi covid-19 yang akan selesai pada bulan Juli September Oktober entah kapan, laptop menjadi benda yang selalu kita temui apabila kita lagi kuliah. Fungsinya ada banyak, yang pasti fungsi utamanya adalah buat streaming film kuliah daring kek buat ngerjain tugas yang diberikan oleh dosen, dsb. Bagi sebagian kaum, laptop jarang menjadi sebuah diskursus karena mereka jarang mengalami masalah yang cukup mengganggu dikarenakan spesifikasi laptop mereka yang tinggi sehingga sanggup menjalankan tugas apapun yang diberikan oleh tuannya. Tetapi, tidak untuk kaum seperti  penulis yang hanya menggunakan laptop spek rendah. Laptop dapat menjadi sebuah masalah akibat muncul gap antara apa yang diinginkan "tuan"nya dan kemampuan laptop tersebut mengeksekusi keinginan "tuan"nya. Gap tersebut menyebabkan satu masalah yang bikin bete banget. Mungkin kita sudah akrab dengan itu, yaitu:

L    E    M    O    T


Yap! Laptop lemot adalah masalah klasik yang biasanya ditemui di laptop yang tidak mendapatkan infrastruktur yang baik seperti harddisk SSD, processor generasi terbaru dengan speed kencang, dan RAM dengan kapasitas tinggi. Lalu, bagaimana cara agar laptop yang termarjinalisasi seperti itu dapat mengatasi kelemotannya? Nah, ini ada cara-cara yang kami rangkum dari berbagai sumber (nanti sumbernya bisa diliat di akhir artikel) untuk mengatasi laptop lemot:


1. Kalau kamu tiba-tiba menang undian berhadiah, coba lakukan pembangunan infrastruktur dengan mengganti harddisk biasa menjadi harddsik Solid State Drive (SSD) 


Ini adalah cara ultimate untuk mengatasi laptop yang lemot. Menurut sumber tertera dibawah, mengganti penyimpanan laptop menjadi SSD dapat meningkatkan kecepatan laptop kamu menjadi 6 kali lebih baik! Memang memerlukan biaya untuk solusi yang ini. Kalau kamu punya biayanya, cara ini adalah salah satu cara yang harus diprioritaskan jika membeli laptop baru masih terlalu mahal untuk kamu. Terus, apa itu SSD dan bagaimana cara menggantinya? Apakah harus dibawa ke tukang komputer? Berapa biayanya? Iya! Simpelnya, bawa ke tukang laptop dan pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab oleh abangnya atau mbaknya :( tapi, kalau kalian mau tau duluan, kalian bisa baca di website ini yang sudah membahas serba-serbi SSD dengan cukup baik! 


Uang terbatas….? Tenang! Ada kok cara yang gratis yang bisa kamu lakukan. Yuk simak cara selanjutnya ya! 


2. Tutup aplikasi yang berjalan di background yang sekiranya jarang digunakan atau tidak penting 


Jadi, meskipun kamu sedang tidak membuka aplikasi secara langsung, sebenarnya laptop kita sedang menjalankan aplikasi yang tidak bisa kamu lihat secara langsung. Cara taunya gimana? Bisa liat system tray atau lambang-lambang yang terletak di dekat jam sebelah kanan bawah laptop kamu.

Gambar 1.1: Yang kayak gitu system tray 
Sumber: Screenshoot sendiri

Kalau kamu nemuin aplikasi yang jarang dipake, misal adobe cloud service, chrome, atau aplikasi lainnya, bisa kamu close dengan cara klik kanan pada icon aplikasi yang ingin kamu close 


3. Non-aktifkan aplikasi yang langsung berjalan pada saat laptop baru dihidupkan 


Sebenarnya masih berhubungan dengan aplikasi di system tray di atas. Bosen ya bahasannya terlalu teknis? langsung aja deh caranya tuh seperti ini: 


    Buka task manager (caranya yaitu pencet ctrl+shift+esc) -> pilih startup -> nanti ada list aplikasi yang akan langsung berjalan pas laptop kamu dihidupkan. Nah, kamu tinggal pilih aplikasi yang tidak ingin kamu jalankan langsung dengan melihat statusnya. Kalau statusnya enabled, berarti aplikasi itu akan langsung berjalan. Tapi kalau statusnya disabled seperti gambar di bawah, berarti aplikasi tersebut tidak akan langsung berjalan.  


Gambar 1.2: Contoh Task Manager 

Sumber: Foto sendiri 

Ini aplikasi yang admin disable di laptop admin sendiri. Bingung mau disable yang mana? Bisa googling atau coba tanya kami ya! 


4. Mumpung lagi buka task manager, sekalian kamu liat aplikasi apa yang makan paling banyak resources.


Gimana caranya? 

Gambar 1.3: Bagian atas task manager
Smber: Foto di atas di crop 


Lihat di bagian itu. Kalau kamu klik di CPU, Memory, Disk, atau Network, nanti task manager akan otomatis mensortir aplikasi mana yang sedang membutuhkan sumber daya tersebut. Kamu dapat menutup aplikasi tersebut dengan mengklik end task pada bagian bawah kanan task manager.  

    

Gambar 1.4: Contoh aplikasi yang membutuhkan banyak resources 
sumber: hellotech.com


Kalau dari pengalaman admin, aplikasi anti-virus atau anti-mallware biasanya menggunakan banyak resources dari laptop yang kamu gunakan, terutama memory, sehingga menyebabkan laptop lemot. Kalau spek laptop kamu biasa aja tapi menginginkan performa yang tidak lemot, ada baiknya kamu hanya menggunakan aplikasi anti-virus dan anti-mallware bawaan windows untuk meringankan beban hidupmu laptopmu. 


5. Mungkin laptop kamu memiliki terllalu banyak file sampah. Coba bersihkan!

     

Caranya gimana? Kamu buka search bar dengan cara klik gambar kaca pembesar di yang terletak di taskbar (bagian bawah dekstop) sebelah kiri.

Gambar 1.5 : Posisi search pada taskbar (pertahikan lingkaran merah) 
Sumber: screenshoot sendiri

Setelah terbuka, kamu ketik "disk cleanup" lalu buka aplikasi tersebut.

Gambar 1.6: disk cleanup setelah dilakukan pencarian
sumber: screenshoot sendiri

Setelah kamu buka, kamu pilih OS (C:), kemudian tunggu aplikasi tersebut selesai. Ketika selesai, akan muncul tampilan seperti ini:
Gambar 1.7: tampilan disk cleanup
sumber: screenshoot sendiri

Ketika dialog tersebut muncul, silahkan kamu pilih tempat file sampah yang mau kamu bersihkan lalu klik ok.

Demikian cara-cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi laptop kamu yang sudah mulai lemot. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu kamu ya! 





Sumber:

https://www.laptopmag.com/articles/improve-laptop-performance 

https://www.comparitech.com/utilities/speed-up-slow-laptop-or-pc-windows-10-8-or-7/

https://www.hellotech.com/blog/why-is-my-laptop-so-slow-and-how-to-fix-it 
https://www.jagatreview.com/2017/08/jangan-buang-laptop-lama-anda/

1 Komentar untuk "5 Cara Paling Mudah Untuk Mengatasi Laptop Kuliah yang Lemot "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel