Kamu bingung mau lanjut kuliah atau tidak? Coba hitung biayanya yuk! [Part 1]

 



Kuliah? Buat apa sih? Kenapa harus kuliah? Kan enakan langsung kerja, langsung dapet duit! Kuliah lama-lama tetep aja nyari kerja susah.

(sumber gambar pertama: Sumber: https://www.aacc.nche.edu/2019/02/27/datapoints-plans-after-high-school/)

Mungkin kita pernah mempertanyakan hal tersebut. Soalnya emang kuliah butuh pertimbangan terutama bagi orang dengan kondisi keuangan yang mepet. Kalau kondisi keuangan mepet, buat kuliah mikir-mikir karena merasa butuh biaya cukup banyak. Belum lagi hilangnya kesempatan buat mencari tambahan biaya karena waktunya habis untuk belajar sana sini, ikut tes sana sini, dan kuliahnya. Coba deh kita rasionalisasikan perasaan kita terhadap biaya itu.

Sebelum kita menghitung biaya, kita harus tau kampus yang kita inginkan terlebih dahulu untuk dapat mengira-ngira biaya. Jika melihat kecenderungan, rata-rata orang ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri dibandingkan dengan perguruan swasta atas dasar biaya yang lebih murah. Kalau mau tau perbandingan antara kedua jenis kampus tersebut, bisa lihat artikel ini supaya kalian bisa tau apa saja yang harus dipertimbangkan. Skuy masuk kedalam perhitungannya! Dalam hitungan kali ini, kami akan mengira-ngira biaya per bulan yang dibutuhkan untuk berkuliah di Jakarta dan sekitarnya.

1.   Biaya bulan-bulan menjelang pendaftaran kuliah

Setelah lulus SMA, atau selesai ujian akhir, ada hal-hal yang harus dipersiapkan agar dapat masuk ke perguruan tinggi. Hal-hal tersebut antara lain:

    a.   Ikut les!

   Sebenarnya ini adalah kebutuhan sekunder, karena tanpa ikut les pun tujuan buat keterima di universitas negeri tetap bisa tercapai. Namun, memang ada hal yang harus diusahakan ekstra supaya kita tetap dapat berhasil meskipun tidak mengikuti les. Misalnya, kita harus mampu melawan diri sendiri agar dapat belajar secara otodidak atau menggunakan kreativitas kita dalam memecahkan masalah. Kalau itu semua dirasa sulid? Kalian bisa ikut bimbel online macam ruangguru karena ini adalah salah satu alternatif bimbel murah di masa pandemi seperti ini.

    o   Biaya les: Rp. 1.587.000 sekali bayar untuk 6 bulan.

     b.   Cari informasi ujian masuk kampus yang kalian inginkan!

        Ada banyak cara untuk berkuliah di kampus negeri yang kalian inginkan. Kalau kalian berprestasi di sekolah, ada jalur SBMPTN yang melihat nilai rapot kalian. Melalui jalur ini, kalian tidak perlu memikirkan biaya karena jalur ini bebas biaya pendaftaran. Jika kalian belum beruntung, kalian bisa mengikuti SBMPTN dan jalur mandiri yang disediakan oleh pihak kampus.

    o   Biaya SBMPTN: Rp. 200.000

        Kalau mau ikut ujian mandiri kampus lain:

    o   SIMAK UI         : Rp. 400.000-Rp 500.000

    o   SPMB UIN       : Rp. 300.000

    o   PENMABA UNJ : Rp. 300.000-Rp. 450.000 

Sampai disini, kami merekomendasikan untuk mengikuti les, SBMPTN, dan 1 ujian mandiri. Total biaya minimal yang dibutuhkan untuk hal tersebut berkisar Rp. 2.187.000. Sampai sini, kamu harus mempersiapkan uang Rp. 2.187.000 untuk berburu kampus yang kamu inginkan. 

Sebenarnya, biaya-biaya tersebut dapat lagi dikurangi dengan cara mengurangi biaya les karena terdapat pilihan paketan les yang lebih murah. Kalau kamu merasa yakin dengan diri kamu, kamu bahkan hanya perlu belajar mandiri dan mengikuti try out yang disediakan yang biasanya berkisar Rp. 40.000. Jika kamu tidak ingin mengikuti les, kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 600.000 untuk mengikuti satu tes SBMPTN dan satu kali ujian mandiri. Tapi, kalau kamu lolos seleksi SNMPTN, kamu tidak perlu menyiapkan dana-dana tersebut dan langsung fokus pada kampus yang menerima kamu. 

Jika kamu sudah diterima di kampus tersebut, lanjut ke artikel ini ya! Selamat!!!




Sumber:

https://simak.ui.ac.id/info/pertanyaan-umum-penerimaan-mahasiswa-baru-ui-2019.html

https://akademik.uinjkt.ac.id/jalur-spmbmandiri-s1/

http://penmaba.unj.ac.id/jalur/mandiri

https://bayar.ruangguru.com/products/rubel?tagNames=rubel,sbmptn








Belum ada Komentar untuk "Kamu bingung mau lanjut kuliah atau tidak? Coba hitung biayanya yuk! [Part 1] "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel