Kamu bingung mau lanjut kuliah atau tidak? Coba hitung biayanya yuk! [Part 2]


           

          Selamat! Jika kamu sudah sampai tahap ini, berarti kamu sudah di terima di universitas yang kamu pilih. Biaya akan bervariasi berdasarkan kampus yang dipilih dan kategori fakultas apakah itu kategori Saintek atau Humaniora. Humaniora cenderung lebih murah dibandingkan Saintek. Pada tahap ini, terdapat banyak opsi untuk mengurangi kewajiban kamu membayar biaya kuliah per semester, terutama kalau kamu masuk ke dalam kategori mahasiswa/i reguler. Mari kita bahas kategori reguler terlebih dahulu yang biasanya diterima melalui ujian mandiri. Pada artikel ini ini, biaya kuliah per semester akan disebut dengan term Uang Kuliah Tunggal atau UKT.

Kategori reguler merupakan jalur dengan biaya termurah jika dibandingkan kategori paralel terlepas dari kategori fakultas. Pada kategori reguler, biasanya UKT dibagi menjadi 6 kategori: Kelompok 1 biasanya sekitar Rp500.000, kelompok 2 sekitar Rp1.000.000, kelompok 3 sekitar Rp2.500.000, kelompok 4 sekitar Rp4.000.000, kelompok 5 sekitar Rp5.000.000, dan kelompok 6 sekitar Rp6.000.000. Kuliah akan terasa mahal apabila membayar biaya semester tersebut tidak dicicil. Maksudnya, ketika tiba bulan dimana kita harus membayar uang semester, kita langsung membayar sebesar jumlah yang ditentukan sehingga dalam satu bulan, pengeluaran kita bisa mencapai Rp. 2.500.000 jika masuk kelompok 3 hanya untuk membayar uang kuliah. Oleh karena itu, sebaiknya setiap bulan kita menyisihkan uang agar meringankan kita pada saat membayar uang kuliah.

·         Biaya cicilan uang kuliah per bulan: Rp. 414.000

Selain biaya untuk bayaran semester kuliah, terdapat juga biaya operasional sehari-hari untuk kita berkuliah. Biaya tersebut meliputi biaya untuk makan, transport, dan biaya tak terduga semisal untuk membeli bahan perkuliahan. Saat ini, kisaran harga makanan berat di kantin kampus sekitar Rp.15.000 ditambah dengan air minum sebesar Rp. 4000. Jika dalam sehari membutuhkan satu kali makan dan 2 botol minum, maka dibutuhkan sebesar Rp. 23.000. Untuk biaya transport, jika menggunakan motor dapat konsumsi BBM motor sekitar 40 Km untuk 1 liter bensin. Jika jarak dari rumah ke kampus sejauh 10 Km, maka per hari kamu akan menempuh jarak 20 Km untuk pulang-pergi. Biaya yang dibutuhkan untuk transport per hari adalah Rp. 4000 untuk bensin dan Rp. 2000 untuk parkir jika ada. Total biaya yang dibutuhkan untuk transport yaitu sebesar Rp. 6000 per hari.

·         Biaya operasional per bulan: Rp. 609.000

·         Jika ditambah biaya tak terduga sebesar Rp. 50.000, maka dapat menjadi Rp. 659.000 per  bulan

Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan jika ingin berkuliah, setidaknya kita harus menyiapkan Rp. 1.073.000 agar dapat survive keuangan saat kuliah. Biaya tersebut dapat lebih mudah atau bahkan lebih tinggi tergantung dari gaya hidup dan keputusan pihak kampus mengenai biaya kuliah tersebut. Biasanya, kuliah menjadi mahal akibat memenuhi gaya hidup, apalagi untuk Universitas yang berada di kota besar.

Bagaimana? Apakah artikel tersebut dapat meringankan kekhawatiran kamu? Sudah tau apa yang harus dipersiapkan?


 [LP1]https://www.otomotifo.com/motor-paling-irit-di-indonesia/

https://edukasi.kompas.com/read/2018/07/04/16015491/melihat-besaran-uang-kuliah-tunggal-di-5-universitas?page=all




Belum ada Komentar untuk "Kamu bingung mau lanjut kuliah atau tidak? Coba hitung biayanya yuk! [Part 2] "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel